pH Larutan Penyangga

 

pH LARUTAN PENYANGGA 

1.             pH Larutan Penyangga Asam

Harga pH larutan penyangga dari campuran asam lemah dan basa konjugasinya hanya dipengaruhi oleh konsentrasi asam lemah dan konsentrasi basa konjugasinya, yang dinyatakan dalam persamaan berikut:




Jika konsentrasi asam dan basa konjugasinya dinyatakan dalam mol/liter larutan, maka dari persamaan tersebut diperoleh: 

Sistem merupakan campuran dalam satu wadah, maka volumenya akan selalu sama sehingga rumusan untuk mencari pH dapat ditulis:



Keterangan: Ka (tetapan ionisasi asam); n (mol)

2.             pH Larutan Penyangga Basa

Harga pH larutan penyangga basa lemah dan asam konjugasinya ditentukan oleh perbandingan konsentrasi basa lemah dan asam konjugasinya. Dengan cara yang sama dengan pH penyangga asam, maka untuk sistem penyangga basa, konsentrasi ion OH- dapat dicari dengan rumus:

Setelah kita memperoleh [OH-] maka selanjutnya kita dapat mencari nilai pOH dengan rumus sebagai berikut:

Nilai pOH yang telah diperoleh, selanjutnya dimasukkan ke dalam rumus dibawah ini untuk memperoleh nilai pH larutan penyangga. 


Keterangan: Kb (tetapan ionisasi basa) 


Sekarang kamu sudah mengetahui materi mengenai pH larutan penyangga. Selanjutnya, yuk pahami contoh soal penerapan rumus pH larutan penyangga di bawah ini. 

Contoh soal 1:

Jika 50 mL larutan CH3COOH 0,1 M dicampurkan dengan 100 ml CH3COONa 0,2 M (Ka CH3COOH = 1,8 x 10-5), maka pH campuran adalah…

Jawab:

Contoh soal 2:

Tentukan pH larutan penyangga yang dibuat dengan mencampurkan 10 mL larutan basa kuat KOH 0,1 M (1 mmol KOH) akan bereaksi dengan 20 mL larutan asam lemah CH3COOH 0,1 M (2 mmol CH3COOH) menghasilkan air dan garam basa konjugasi CH3COOK.

Jawab:

Agar kamu paham mengenai penerapan rumus pH larutan penyangga asam, yuk simak video berikut.



Referensi:

Sudarmo, Unggul. 2016. Kimia Jilid 3 untuk SMA kelas XI Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Erlangga

Brown, Theodore L. et al. 2015. Chemistry: The Central Science (13th edition). New Jersey: Pearson Education, Inc.




Yolanda Afrianti

Hello everyone! Welcome to my blog. I am Yolanda Afrianti, a PPG student of Bengkulu Pre-service University. The blog I built was used as a room to share some information about chemistry. Let's learn together!

Post a Comment

Previous Post Next Post